Senin, 29 Februari 2016

Perangkat Optical Distribution Point (ODP)



Optical Distribution Point adalah tempat terminasi kabel yang memiliki sifat-sifat tahan korosi, tahan cuaca,kuat dan kokoh dengan konstruksi untuk dipasang diluar. ODP berfungsi
sebagai tempat instalasi sambungan jaringan optik single-mode terutama untuk menghubungkan kabel fiberoptik distribusi dan kabel drop.Perangkat ODP dapat berisi optical pigtail, connectoradaptor, splitter room dan dilengkapi ruang manajemen fiber dengan kapasitas tertentu.
 
ODP dipasang harus sesuai dengan peruntukannya, ODP Pole hanya boleh dipasang pada tiang, ODP Pedestal dipasang pada permukaan tanah, ODP Wall dipasang pada dinding dan ODP Clousure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW baik pada pertengahan gawang maupun di dekat Tiang.
Cara pemasangan ODP dengan cara memetik salah satu core dari  kabel distribusi secara urut. Kemudian core tersebut dimaskukan kedalam pasif, pasif yang biasa digunakan pada ODP yaitu pasif 1/8. Sehingga pasif tersebut di split menjadi delapan.

                                    Contoh Terminasi Kabel pada ODP Tiang, Wall dan Pedestal.


Fiber Optic Distribution Point ( FODP) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi melindungi sambungan fiber optic. Dan fungsi utama dari FODP adalah membagi satu core optic menjadi beberapa core untuk keperluan pelanggan.
Ada beberapa jenis FODP yang sering di gunakan di sekitar kita, secara basicnya ada 2 jenis yaitu :


    1. FODP Pole


    2. FODP Closure


FODP Pole adalah FODP  yang dipasang pada tiang & FODP Closure yang dipasang merekat lurus pada kabel FO ( Fiber Optic )


2 komentar:

  1. pertanyaan saya : menggunakan alat jenis apa biar 1 alat transmit data bisa di terima oleh beberapa alat reciver dengan menggunakan pasife spliter sebagai alat pencabangnya, soalnya pasive spliter akan berfungsi apabila jumlah data yang di kirim lebih dari satu atau mengikuti jumlah spliter pencabangnya...
    saya kira IT sunguhan rupanya cuma menjelasi isi kotak, dan nampilin box-box tak bermutu... udah kaya guru SD,

    BalasHapus
  2. Bagus pembahasannya mudah saya pahami.

    Kunjungi juga ya, Banyak pembahasan seputar Informasi dunia Komputer, Android, dan masih banyak lagi.

    http://bit.ly/30LwzFA

    BalasHapus