Rabu, 10 Februari 2016

Fungsi dan Kegunaan POE (Power Over Ethernet)




       Di artikel kali ini saya akan mencoba sedikit mengulas tentang cara bagaimana dan tips trik menggunakan POE / POE Switch untuk digabungkan dengan IP Camera. mungkin sebagian user atau pelanggan yang sudah bergelut dengan dunia networking mungkin sudah memahami apa itu POE / POE Switch / Power Ethernet.

Pengertian PoE / Power over Ethernet

PoE atau Power Over Ethernet adalah sebuah device yang mampu menyalurkan tenaga listrik DC melalui kabel ethernet atau kabel data internet atau kabel UTP / STP. dengan menggunakan POE device yang dapat menyalurkan tenaga listrik melalui kabel Ethernet atau kabel UTP/STP. Dengan menggunakan POE (Power Over Ethernet) maka akses point dapat hidup dan dinyalakan tanpa perlu repot mengulur kabel listrik ke tower. tentu penggunaan POE dapat lebih hemat dan lebih praktis.

Contoh Penggunaan POE (Power Over Ethernet) Untuk Akses Point

Contoh Penggunaan POE (Power Over Ethernet) Untuk Akses Point

Pengertian POE Switch (Power Over Ethernet Switch)

Poe Switch adalah Switch Hub komputer atau Network Switch yang mempunyai POE Injection yang artinya port POE Nya memiliki power listrik atau tegangan listrik, Poe Switch biasanya berbentuk kotak dan memiliki jumlah port 4 port, 8 port, 16 port sama seperti switch Hub Internet, sangat mudah untuk menghubungkan antara jaringan network dengan menggunakan POE switch sebagaimana mestinya. dan POE switch akan mendeteksi apapun jika IP camera atau akses point yang sudah suport dengan POE, dan akan menghidupkan IPcam itu secara otomatis. POE Switch dapat digunakan untuk semua aplikasi, mulai dari Poe swtich yang harga nya murah ( unmanaged Edge switch yang memiliki beberapa port, sampai penggunaan yang komplek dan lebih besar seperti rackmount unit dengan sophisticated management.


Contoh gambar penggunaan POE switch untuk Ip camera

Contoh gambar penggunaan POE switch untuk Ip camera
PoE Switch for IP Cameras
Contoh POE Switch 4,8,16, port
Midspan atau yang disebut juga POE Injector biasanya digunakan untuk IP camera atau akses point yang belum suport dengan POE, POE Injector dapat digunakan untuk merubah jaringan lan network ke system POE Switch, dimana jika jaringan tersebut membutuhkan solusi penggunaan POE port. untuk merubah jaringan yang sudah suport POE atau POE Switch bisa dengan mudah merubahnya dengan menggunakan POE injektor, dan dengan POE switch, power dapat di kontrol dan otomatis, Midspans tersedia seperti model multi port atau rackmount atau single Port POE Injectors yang murah. poe injektor biasanya hanya 1 Device kotak yang memiliki 2 port RJ45 dan 1 Port Power DC.

Contoh gambar kamera cctv ip camera yang belum suport dengan POE, menggunakan POE injector :

Contoh gambar kamera cctv ip camera yang belum suport dengan POE, menggunakan POE injector :
Contoh gambar POE Injector akses point UBNT dan ip camera
Penggunaan POE Injektor untuk IP camera
atau dengan menggunakan POE Splitter, POE Splitter adalah Poe yang biasanya memiliki 2 device, satu di bawah yang terhubung denga power adaptor dan yang satu di dekat IP camera atau akses point yang menghubungkan POE ke Ip camera, systemnya membuat kabel data internet menjadi kabel power dan data, harga lebih murah dibandingkan dengan POE Switch dan POE Injector.

fungsi PoE Switch, POE Injector dan POE Splitter

Untuk menyelesaikan masalah sulitnya mencari sumber power pada saat memasang perangkat seperti Access Point wifi , IP camera , IP Phone. Misalkan pada kasus pemasangan IP Phone, Access Point dan IP camera pada suatu ruangan yang luas, biaya akan tinggi di sebabkan pemborosan penggunaan kabel, karena tiap ip camera, akses point membutuhkan 2 kabel yaitu kabel UTP untuk data dan kabel listrik untuk powernya, lalu dengan adanya PoE cukup menggunakan 1 kabel yaitu kabel UTP dimana transfer data dan aliran listrik terjadi dalam 1 kabel.
Demikian penjelasan singkat mengenai POE Switch , poe Injector, dan POE Splitter, semoga dapat membantu untuk membeli dan memilih barang cctv, akses point dan IP camera yang sesuai kebutuhan anda, jika kurang paham atau ada yang di tanyakan silahkan contak kami

Incoming search terms:

  • apa itu poe
  • fungsi power injector
  • pengertian POE
  • cara kerja lan splitter
  • cara pasang poe
  • pengertian power injector
  • memasang camera dengan poe injector
  • pemasangan ip cam poe
  • Cara pasang PoE Injector
  • fungsi poe injector
POE singkatan dari Power over Ethernet. Sesuai kepanjangannya, secara bahasa sehari-hari bisa diartikan "menyalurkan tenaga listrik lewat kabel ethernet". Listrik ini disalurin melalui 2 pair kabel UTP, bisa 1,2,3,6 atau 4,5,7,8.
POE yang umum digunakan adalah mengacu ke standar IEEE 802.3af dimana maximum power per
portnya adalah 15.4W, namun dikarenakan banyak perangkat baru yang membutuhkan supply power lebih tinggi (misalnya utk AP 802.11n 3x3 atau 4x4) maka dibuat standar baru yaitu IEEE 802.3at dimana maximum power per port-nya adalah 34.2
 Lalu apa fungsinya? POE digunakan untuk menyelesaikan masalah sulitnya mencari sumber power pada saat memasang perangkat seperti Access Point, IP Camera dan IP Phone. Bayangkan bila tidak ada POE dan kita diharuskan memasang Access Point atau IP Camera disebuah ruangan yang besar, maka cost akan tinggi karena setiap perangkat membutuhkan 2 tarikan yaitu kabel UTP utk data dan kabel listrik (serta power outletnya). Dengan adanya PoE, kita cukup melakukan satu tarikan saja yaitu kabel UTP.

Untuk menghubungkan 2 komputer, TreTan membutuhkan kabel yakni kabel UTP, arti dan kepanjangan dari UTP adalah Unshielded Twisted Pair dan bisa dibentuk dengan pola Cross atau Straight. Banyak tutorial cara membuat kabel jaringan UTP untuk LAN dengan model Cross ataupun Straight dengan urutan warna: Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, Coklat. Kabel Cross biasanya digunakan terbatas hanya untuk 2 komputer yang saling terhubung dan straight digunakan untuk banyak komputer.
Pengalaman kabel Cross juga bisa dipakai untuk versi Straight dan tidak ada masalah dalam pemakaiannya maupun lalulintas jaringan. Setelah kita membuat kabel LAN maka pastikan semua kabel mengenai ujung dari konektor RJ45 kemudian baru TreTan mengkrimpingnya menggunakan Tang Krimping. Jangan lupa untuk mengetes kabel LAN yang telah dibentuk menggunakanLAN Tester dengan mencocokkan kedipan warna. Jika urutannya benar, maka tiap lampu akan berkedip secara bersamaan dari angka 1 hingga 8.
itch �k f ='mso-bidi-font-style:normal'>, RouterGateway sebagai peralatan interkoneksinya.


Macam-macam Jaringan komputer berdasarkan yang jangkauan area / wilayah begitu luas tergantung letak geografis tempat dimana akan dipasang jaringan.Semakin jauh jarak tiap komputer yang
terhubung maka dibutuhkan hardware pada jaringan komputer tersebut agar data yang dikirim tidak hilang ditengah "perjalanan" menuju computer lainnya.Nama Hardware Jaringan tersebut adalah POE(Power Over Ethernet)

4 komentar: